SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI
TERSTRUKTUR TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
PADA KONSEP PERPINDAHAN KALOR
(Kuasi Eksperimen di SMA An-Najah Bogor)
SUJAJI - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri
terstruktur terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep perpindahan kalor.
Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan melibatkan
60 siswa sebagai sampel yang terbagi menjadi dua kelompok. Kelas X.1 sebagai
kelompok eksperimen yang mengimplementasikan inkuiri terstruktur dan siswa
kelas X.2 sebagai kelompok kontrol yang mengimplementasikan metode
konvensional. Penelitian dilakukan di SMA An-Najah Rumpin-Bogor tahun
pelajaran 2010/2011. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi
inkuiri terstruktur berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa. Hal ini terlihat
dari hasil perhitungan uji hipotesis melalui uji t pada taraf signifikansi 0,05
didapat hasil ttabel ≤ thitung atau 2,000 ≤ 8,03 sehingga hipotesis nol (H0) ditolak
dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
s86 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Deskripsi Fisik
Data Ada Di Perpustakaan
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain