Telepon: 021-7401925 Ext. 1714

Perpustakaan FITK

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

SKRIPSI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERSTRUKTUR DAN TERBIMBING

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode inkuiri terstruktur dan terbimbing. Penelitian quasi eksperimen di SMPN 3 TANGSEL melibatkan kelas VIII-8 (kelas inkuiri terstruktur) dan kelas VIII-9 (kelas inkuiri terbimbing). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan angket siswa. Proses pembelajaran terdiri dalam enam fase. Fase 1, orientasi. Fase 2, perumusan masalah. Fase 3, menentukan hipotesis. Fase 4, mengumpulkan data. Fase 5, menguji hipotesis. Fase 6, merumuskan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai posttest pada kelas inkuiri terstruktur 76,579 dan pada kelas inkuiri terbimbing 70,429. Berdasarkan statistik uji-t, diperoleh thitung 2,06 dan ttabel 1,996 pada tingkat kepercayaan 95%. Ini berarti bahwa thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha dapat diterima. Respon siswa kelas inkuiri terstruktur dan terbimbing terhadap pembelajaran inkuiri cukup tinggi.
Ketersediaan
s81Perpustakaan FITK PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

Data Ada Di Perpustakaan

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

FISIKA 530

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


E-Jurnal Link

E-Library Link