SKRIPSI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA ANTARA YANG MENGGUNAKAN METODE INKUIRI TERSTRUKTUR DAN TERBIMBING
ARJAN - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode inkuiri terstruktur dan terbimbing. Penelitian quasi eksperimen di SMPN 3 TANGSEL melibatkan kelas VIII-8 (kelas inkuiri terstruktur) dan kelas VIII-9 (kelas inkuiri terbimbing). Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan angket siswa. Proses pembelajaran terdiri dalam enam fase. Fase 1, orientasi. Fase 2, perumusan masalah. Fase 3, menentukan hipotesis. Fase 4, mengumpulkan data. Fase 5, menguji hipotesis. Fase 6, merumuskan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai posttest pada kelas inkuiri terstruktur 76,579 dan pada kelas inkuiri terbimbing 70,429. Berdasarkan statistik uji-t, diperoleh thitung 2,06 dan ttabel 1,996 pada tingkat kepercayaan 95%. Ini berarti bahwa thitung > ttabel. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha dapat diterima. Respon siswa kelas inkuiri terstruktur dan terbimbing terhadap pembelajaran inkuiri cukup tinggi.
s81 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Deskripsi Fisik
Data Ada Di Perpustakaan
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain