SKRIPSI ANALISIS PENILAIAN KINERJA PADA KONSEP GERAK
DI MADRASAH ALIYAH KABUPATEN KARAWANG
BERDASARKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran atau informasi
keterampilan proses sains pada dokumen penilaian kinerja yang disusun oleh
guru-guru Madasah Aliyah di Kabupaten Karawang pada pembelajaran fisika
konsep gerak. Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2011/2012, dimulai pada
bulan November sampai dengan bulan Desember 2011. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif eksploratif.
Instrumen yang digunakan adalah instrumen non-tes berupa lembar analisis
dokumen penilaian kinerja yang berisi indikator keterampilan proses sains, serta
instrumen pedoman wawancara yang berisi pertanyaan-pertanyaan untuk
mengetahui tingkat pengetahuan guru tentang penilaian kinerja. Data hasil
instrumen non-tes lembar analisis dan pedoman wawancara dianalisis secara
kualitatif.
Hasil penelitian yang dilakukan pada 14 Madrasah Aliyah di Kabupaten
Karawang menunjukkan bahwa hanya terdapat 35,7% atau lima Madrasah Aliyah
saja yang telah memiliki dokumen penilaian kinerja/psikomotor. Kelima dokumen
penilaian kinerja yang dianalisis dalam penelitian ini telah mengidentifikasi
keterampilan proses sains. Dokumen penilaian kinerja E telah mengidentifikasi
keterampilan proses sains dalam penelitian ini secara utuh, sedangkan dokumen
penilaian kinerja B, D, L dan M belum mengidentifikasi keterampilan proses sains
dalam penelitian ini secara utuh karena ada beberapa kategori keterampilan proses
sains yang tidak muncul.
s82 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Deskripsi Fisik
Data Ada Di Perpustakaan
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain