Telepon: 021-7401925 Ext. 1714

Perpustakaan FITK

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERSTRUKTUR (STRUCTURED INQUIRY) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Quasi Eksperimen di SMP Negeri 2 Kota Serang)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri
terstruktur terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di
SMPN 2 Kota Serang pada bulan Februari-Mei 2012. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuasi eksperimen dan teknik pengambilan sampel dengan
cluster random sampling yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model
pembelajaran inkuri terstruktur dan kelas kontrol diberikan perlakuan model
pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
pilihan ganda dengan empat alternatif pilihan. Berdasarkan hasil penelitian
didapatkan bahwa rata-rata hasil belajar posttest (79,13) pada kelas eksperimen
lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar posttest (63,46) pada kelas kontrol.
Uji statistik dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung lebih besar dari ttabel
yaitu, 8,60 > 2,00, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada
penerapan model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap hasil belajar fisika
siswa
Ketersediaan
s80Perpustakaan FITK PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

Data Ada Di Perpustakaan

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

FISIKA 530

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


E-Jurnal Link

E-Library Link