SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI
TERSTRUKTUR (STRUCTURED INQUIRY) TERHADAP
HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
(Quasi Eksperimen di SMP Negeri 2 Kota Serang)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri
terstruktur terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di
SMPN 2 Kota Serang pada bulan Februari-Mei 2012. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuasi eksperimen dan teknik pengambilan sampel dengan
cluster random sampling yang terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas eksperimen diberikan perlakuan model
pembelajaran inkuri terstruktur dan kelas kontrol diberikan perlakuan model
pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes
pilihan ganda dengan empat alternatif pilihan. Berdasarkan hasil penelitian
didapatkan bahwa rata-rata hasil belajar posttest (79,13) pada kelas eksperimen
lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar posttest (63,46) pada kelas kontrol.
Uji statistik dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung lebih besar dari ttabel
yaitu, 8,60 > 2,00, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada
penerapan model pembelajaran inkuiri terstruktur terhadap hasil belajar fisika
siswa
s80 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Deskripsi Fisik
Data Ada Di Perpustakaan
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain