Telepon: 021-7401925 Ext. 1714

Perpustakaan FITK

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

SKRIPSI PENGARUH METODE PEMBELAJARAN INKUIRI DEDUKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA KONSEP GAYA Penelitian Kuasi Eksperimen di SMP IT Al-Qur‟aniyyah Pondok Aren – Tangerang Selatan

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri deduktif
terhadap hasil belajar fisika di SMP IT Al-Qur‟aniyah Tangerang Selatan yang
telah dilakukan pada kelas VIII (Delapan) selama satu bulan, melalui metode
pembelajaran inkuiri deduktif. Metode penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode kuasi ekperimen dengan melibatkan dua kelas VIII
yang masing-masing diambil untuk dijadikan kelas eksperiman sebanyak 22 siswa
dan kelas kontrol sebanyak 19 siswa, pemilihan kelas berdasarkan purposive
sampling, instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal-soal pilihan
ganda. Data hasil instrumen tes dianalisis dengan uji analisis statistik berupa uji
perbandingan nilai pretest dan posttest kedua kelas. Berdasarkan analisis data
hasil penelitian, diperoleh bahwa hasil belajar kedua kelas tidak berbeda.
Kesimpulan ini didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t
terhadap nilai posttest. Hasilnya adalah nilai thitung = 0.941 sedangkan nilai ttabel
pada taraf signifikansi 1% adalah 1.6931, Terlihat bahwa nilai pretest thitung < nilai
posttest thitung.
Ketersediaan
s84Perpustakaan FITK PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

Data Ada Di Perpustakaan

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

FISIKA 530

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


E-Jurnal Link

E-Library Link