Telepon: 021-7401925 Ext. 1714

Perpustakaan FITK

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

SKRIPSI PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME DENGAN STRATEGI GENERATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA (Kuasi Eksperimen di MTs Zamiatus Sholihin Cipondoh)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode generatif
terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep getaran dan gelombang. Penelitian
ini dilakukan di MTs Jamiatus Sholihin pada tahun pelajaran 2010-2011. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Pada penelitian ini
sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dan dibagi
menjadi dua kelompok, Kelas VIII 3 sebanyak 36 siswa sebagai kelompok
eksperimen dengan metode generatif dan siswa kelas VIII 2 sebanyak 36 siswa
sebagai kelompok kontrol dengan metode konvensional. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda (multiple
choice) dengan empat pilihan (option) yang digunakan untuk mengukur pengaruh
hasil belajar fisika siswa pada konsep getaran dan gelombang. Untuk hasil uji
kesamaan dua rata-rata posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
diperoleh harga thitung sebesar 8,4761 dan ttabel sebesar 1,6688. Hasil pengujian
diperoleh menunjukkan bahwa t hitung > t tabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha
diterima pada taraf kepercayaan 95%, hal ini menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor posttest kelompok eksperimen
dengan rata-rata skor posttest kelompok kontrol, dapat diartikan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran generatif terhadap hasil
belajar siswa.
Ketersediaan
s85Perpustakaan FITK PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

Data Ada Di Perpustakaan

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

FISIKA 530

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


E-Jurnal Link

E-Library Link