SKRIPSI PENGARUH PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME
DENGAN STRATEGI GENERATIVE LEARNING TERHADAP
HASIL BELAJAR FISIKA
(Kuasi Eksperimen di MTs Zamiatus Sholihin Cipondoh)
Yunita - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode generatif
terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep getaran dan gelombang. Penelitian
ini dilakukan di MTs Jamiatus Sholihin pada tahun pelajaran 2010-2011. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Pada penelitian ini
sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dan dibagi
menjadi dua kelompok, Kelas VIII 3 sebanyak 36 siswa sebagai kelompok
eksperimen dengan metode generatif dan siswa kelas VIII 2 sebanyak 36 siswa
sebagai kelompok kontrol dengan metode konvensional. Instrumen yang
digunakan dalam penelitian ini berupa tes objektif tipe pilihan ganda (multiple
choice) dengan empat pilihan (option) yang digunakan untuk mengukur pengaruh
hasil belajar fisika siswa pada konsep getaran dan gelombang. Untuk hasil uji
kesamaan dua rata-rata posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol
diperoleh harga thitung sebesar 8,4761 dan ttabel sebesar 1,6688. Hasil pengujian
diperoleh menunjukkan bahwa t hitung > t tabel. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha
diterima pada taraf kepercayaan 95%, hal ini menunjukkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor posttest kelompok eksperimen
dengan rata-rata skor posttest kelompok kontrol, dapat diartikan bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran generatif terhadap hasil
belajar siswa.
s85 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Deskripsi Fisik
Data Ada Di Perpustakaan
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain