SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI
MASYARAKAT (STM) TERHADAP KEMAMPUAN
BERPIKIR KREATIF PADA KONSEP
GETARAN DAN GELOMBANG
(Penelitian Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 3 Kota Tangerang Selatan)
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sains
teknologi masyarakat (STM) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada
konsep getaran dan gelombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Kota Tangerang Selatan pada tahun
pelajaran 2011-2012 dengan teknik pengambilan sampel secara purposive
sampling, didapatkan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-4 sebagai
kelas eksperimen. Instrumen tes kemampuan berpikir kreatif yang digunakan
berupa soal uraian (essay) sebanyak 12 butir soal. Data hasil penelitian di analisis
dengan uji analisis statistik. Hasil penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh
model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap kemampuan
berpikir kreatif. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan uji hipotesis melalui uji-t
pada tingkat kepercayaan 0,95 (α = 0,05)dan dk = 75dengan hasil thitung> ttabel yaitu
5,07 >1,995, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha)
diterima.
s79 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Deskripsi Fisik
Data Ada Di Perpustakaan
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain