Telepon: 021-7401925 Ext. 1714

Perpustakaan FITK

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG (Penelitian Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 3 Kota Tangerang Selatan)

No image available for this title
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sains
teknologi masyarakat (STM) terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada
konsep getaran dan gelombang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode quasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Kota Tangerang Selatan pada tahun
pelajaran 2011-2012 dengan teknik pengambilan sampel secara purposive
sampling, didapatkan kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-4 sebagai
kelas eksperimen. Instrumen tes kemampuan berpikir kreatif yang digunakan
berupa soal uraian (essay) sebanyak 12 butir soal. Data hasil penelitian di analisis
dengan uji analisis statistik. Hasil penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh
model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) terhadap kemampuan
berpikir kreatif. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan uji hipotesis melalui uji-t
pada tingkat kepercayaan 0,95 (α = 0,05)dan dk = 75dengan hasil thitung> ttabel yaitu
5,07 >1,995, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha)
diterima.
Ketersediaan
s79Perpustakaan FITK PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

Data Ada Di Perpustakaan

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

FISIKA 530

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


E-Jurnal Link

E-Library Link