SKRIPSI PENGARUH CD INTERAKTIF INVESTIGATIF
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA KONSEP LISTRIK DINAMIS
(Kuasi Eksperimen di SMA Negeri 87 Jakarta)
Lutpiah - Personal Name
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh CD interaktif
Investigatif terhadap hasil belajar siswa pada konsep listrik dinamis. Penelitian ini
dilakukan di SMA Negeri 87 Jakarta Selatan pada kelas X-1 sebagai kelas
eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol pada konsep listrik dinamis.
Penelitian ini dilakukan selama lima kali pertemuan ditambah pretest dan posttest,
dimulai pada tanggal 8 Mei sampai 5 Juni tahun 2013. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent
Control Group Design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling.
Instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 25 butir
soal. Data hasil tes dianalisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas sebagai
uji persyaratan analisis, kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis.
Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh kesimpulan terdapat
perbedaan signifikan antara rata-rata skor posttest kelompok eksperimen dengan
rata-rata kelompok kontrol. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil pengujian
hipotesis uji-t yang diperoleh nilai thitung sebesar 2,182 dan nilai ttabel sebesar
2,000. Berdasarkan perolehan nilai tersebut, tampak bahwa nilai thitung > ttabel atau
2,182 > 2,000. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima pada taraf signifikan
5% (α = 0,05). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan CD interaktif Investigatif terhadap hasil belajar fisika pada konsep
listrik dinamis.
s77 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Deskripsi Fisik
Data Ada di perpustakaan
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain