SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL
TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA KONSEP PENGUKURAN
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual
terhadap keterampilan generik sains siswa pada konsep pengukuran. Aspek
keterampilan generik sains yang diukur dalam penelitian ini: membangun konsep,
bahasa simbolik, kesadaran tentang skala besaran, dan pemodelan matematik.
Penelitian dilakukan di MTsN Pamulang II Kota Tangerang Selatan. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian
nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian melibatkan kelas
VII-1 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan
pendekatan kontekstual dan kelas VII-2 yang berjumlah 27 siswa sebagai
kelompok kontrol yang menerapkan metode demonstrasi. Analisis data proses
kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung 2,01 dan ttabel pada taraf
signifikansi 5% sebesar 2,00, thitung ttabel atau 2,01 2,00. Hal ini menunjukkan
bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap keterampilan generik sains
siswa sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak.
s72 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain