Telepon: 021-7401925 Ext. 1714

Perpustakaan FITK

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS SISWA PADA KONSEP PENGUKURAN

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan kontekstual
terhadap keterampilan generik sains siswa pada konsep pengukuran. Aspek
keterampilan generik sains yang diukur dalam penelitian ini: membangun konsep,
bahasa simbolik, kesadaran tentang skala besaran, dan pemodelan matematik.
Penelitian dilakukan di MTsN Pamulang II Kota Tangerang Selatan. Metode
penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian
nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan teknik Purposive Sampling. Sampel penelitian melibatkan kelas
VII-1 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan
pendekatan kontekstual dan kelas VII-2 yang berjumlah 27 siswa sebagai
kelompok kontrol yang menerapkan metode demonstrasi. Analisis data proses
kedua kelompok menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung 2,01 dan ttabel pada taraf
signifikansi 5% sebesar 2,00, thitung ttabel atau 2,01 2,00. Hal ini menunjukkan
bahwa pendekatan kontekstual berpengaruh terhadap keterampilan generik sains
siswa sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak.
Ketersediaan
s72Perpustakaan FITK PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

FISIKA 530

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


E-Jurnal Link

E-Library Link