SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERPIKIR INDUKTIF
TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
PADA KONSEP GETARAN DAN GELOMBANG
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh model pembelajaran berpikir
induktif terhadap hasil belajar siswa SMP pada konsep getaran dan gelombang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuasi-eksperimen dan
desainnya pretest and posttest control group. Penelitian dilakukan terhadap siswa
kelas VIII pada salah satu SMP yang ada di kabupaten Sumedang tahun pelajaran
2012/2013. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 2,940 dan
ttabel sebesar 1,684. Hasil pengujian yang diperoleh menunjukkan bahwa thitung
berada di daerah penolakan H0, yaitu ttabel < thitung atau 1,684 < 2,940. Dengan
demikian H0 ditolak dan Ha diterima pada taraf kepercayaan 0,95. Hal ini
menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran berpikir induktif
berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa SMP.
s53 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain