SKRIPSI HUBUNGAN ANTARA PENILAIAN PROSES DAN HASIL
BELAJAR SISWA PADA KONSEP ALAT-ALAT OPTIK
(Di Kelas VIII SMP Daar El Falaah Mandalawangi Pandeglang Banten
Tahun Ajaran 2012/2013)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara penilaian proses (ratarata
penilaian kinerja dan penilaian produk) dan hasil belajar siswa terutama pada
konsep alat-alat optik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Daar El-Falaah
Mandalawangi Pandeglang Banten pada tanggal 27 April sampai dengan 11 Mei
2013. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi sederhana, yaitu metode
yang digunakan untuk menguji hubungan antara satu variabel dependen (Y) dan
satu variabel independen (X). Subjek penelitian yang digunakan pada penelitian
adalah kelas VIII-B putri sebanyak 27 siswa. Instrumen yang digunakan adalah
tes kinerja untuk mengamati kegiatan diskusi dan eksperimen peserta didik, tes
produk untuk menilai kualitas suatu produk (laporan kegiatan eksperimen), dan
tes tulis untuk menilai hasil belajar siswa ranah kognitif. Dari hasil analisis regresi
linier sederhana didapat nilai R Square sebesar 0,682. Hal tersebut menunjukkan
adanya hubungan yang linier antara penilaian proses dan hasil belajar siswa
sebesar 68,2%, sedangkan sisanya sebesar 31,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
s54 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain