SKRIPSI PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND
LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP
ENERGI DAN USAHA
(Penelitian Tindakan Kelas pada Kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Tangerang
Selatan
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan penguasaan konsep energi
dan usaha siswa setelah diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning
(CTL). Penelitian dilaksanakan pada tahun ajaran 2012-2013, di mulai pada bulan
februari sampai maret 2013 di kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Tangerang Selatan.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Instrumen yang digunakan
adalah tes penguasaan konsep berbentuk pilihan ganda, serta instrumen nontes
berupa lembar observasi kegiatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terjadi peningkatan penguasaan konsep energi dan usaha siswa dari siklus I, II
hingga siklus III. Pada siklus I, ketuntasan belajar siswa hanya sebesar 47,5 % dan
rata-rata persentase penguasaan konsep dalam kegiatan siswa sebesar 69,19 %.
Pada siklus II, ketuntasan belajar siswa mencapai 65 % dan rata-rata persentase
penguasaan konsep dalam kegiatan siswa mencapai 75,89 %. Kesalahan dan
kekurangan pada siklus I dan II dapat diperbaiki dengan baik sehingga terjadi
peningkatan pada siklus III. Pada siklus III, ketuntasan belajar meningkat hingga
mencapai kriteria ketuntasan yang diharapkan sebesar 90 % yaitu 90 % siswa
telah mencapai nilai KKM. Selain itu kegiatan siswa dalam menguasai konsep
energi dan usaha juga meningkat, dengan rata-rata persentase sebesar 83,25 %.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pendekatan Contextual
Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan penguasaan konsep energi dan
usaha.
s55 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain