SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOBILE
LEARNING ANDROID PADA KONSEP DINAMIKA NEWTON
UNTUK SISWA KELAS X SMA/MA
penelitian ini untuk: 1) Mengembangkan media pembelajaran mlearning
berbasis android pada konsep dinamika Newton untuk siswa kelas X
SMA/MA, 2) Menguji kelayakan media yang telah dibuat melalui uji coba pada
siswa SMA/MA, 3) Mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap media
pembelajaran berbasis android pada konsep dinamika Newton untuk siswa kelas
X SMA/MA.4) Mengetahui Hasil belajar siswa dengan menghitung hasil ulangan
setelah menggunakan aplikasi mobile learning.Penelitian ini termasuk penelitian
pengembangan. Desain penelitian mengacu pada model pengembangan prosedural
yang meliputi 8 tahap, 1) Melakukan suatu analisis kebutuhan, 2) Merumuskan
tujuan khusus, 3) Mengembangkan bahan atau materi, 4) Mengembangkan
instrumen atau alat ukur, 5) Mengembangkan dan menyusun naskah media, 6)
Melakukan uji coba, 7) Melakukan revisi, 8) Produksi. Hasil penelitian ini adalah:
1) telah berhasil dikembangkan aplikasi mobile learning berbasis Android pada
pokok bahasan dinamika Newton untuk siswa kelas X SMA/MA yang dapat
diakses secara fleksibel; 2) kualitas aplikasi mobile learning yang telah
dikembangkan adalah baik berdasarkan penilaian ahli media 74,67%, ahli materi
82,50% dan guru fisika 76,28%; 3) penilaian respon siswa pada uji coba adalah
Baik 77,70%. 4) Dapat disimpulkan bahwa aplikasi mobile learning berdampak
positif pada jenjang kognitif siswa pada materi dinamika Newton.
s56 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain