SKRIPSI PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING BERBASIS
PROBLEM SOLVING TERHADAP KEMAMPUAN
PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA KONSEP
FLUIDA DINAMIS
(Eksperimen Kuasi di SMA Negeri 10 Depok)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Cooperative Learning
Berbasis Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada
Konsep Fluida Dinamis. Penelitian ini dilakukan di kelas XI-A1 dan XI-A2
SMAN 10 Depok. Penelitian ini berlangsung pada April 2016. Penentuan sampel
ini berdasarkan teknik purpossive sampling. Instrumen yang digunakan adalah
intrumen tes berupa essay. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif.
Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan penerapan model cooperative learning berbasis problem solving
terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada konsep fluida dinamis. Hal
tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap
data posttest. Hasilnya adalah nilai thitung sebesar 3,679 dan nilai ttabel sebesar
2,002. Terlihat bahwa thitung > ttabel, sehingga Ha ditolak. Selain itu, nilai rata-rata
hasil belajar siswa yang menerapkan model cooperative learning berbasis
problem solving lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar siswa tanpa
menggunakan problem solving. Kemampuan pemecahan masalah siswa pada
kelas eksperimen di setiap indikator soal mengalami peningkatan, dengan kategori
N-Gain tinggi dan sedang.
s57 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain