Telepon: 021-7401925 Ext. 1714

Perpustakaan FITK

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA KONSEP CAHAYA (Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 1 Ciseeng Kabupaten Bogor)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan
keterampilan proses sains (KPS) terhadap pemahaman siswa pada konsep cahaya.
Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Ciseeng Kabupaten Bogor, pada tahun
ajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen
dengan desain nonrandomized control group pretest – posttest design.
Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster sampling, siswa kelas
VIII-D sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan pendekatan KPS, dan
siswa kelas VIII-E sebagai kelompok kontrol yang menggunakan model
pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan adalah
instrumen tes berupa soal-soal esai. Tes tersebut digunakan untuk mengukur
pemahaman siswa, dan instrumen penunjang penelitian yaitu instrumen non-tes
berupa lembar observasi untuk mengetahui aktivitas siswa selama pembelajaran
berlangsung. Data instrumen tes dianalisis menggunakan analisis statistik uji-t,
sedangkan data instrumen non-tes dianalisis menggunakan analisis statistik
deskriptif. Berdasarkan hasil perhitungan uji-t pada taraf signifikansi (α) = 0,05,
didapatkan thitung>ttabel yaitu 2,05>1,99, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh
pendekatan KPS terhadap pemahaman siswa pada konsep cahaya, dan hasil
perhitungan instrumen non-tes hasil observasi menunjukkan aspek mengamati dan
mengkomunikasikan yang menonjol.
Ketersediaan
s58Perpustakaan FITK PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

FISIKA 530

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


E-Jurnal Link

E-Library Link