SKRIPSI PENGARUH PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING
TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF
SISWA SMP
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri
terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMP. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 22 Pamulang. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode kuasi eksperimen (eksperimen semu) dengan desain
penelitian pretest-posttest group design. Pengambilan sampel dilakukan dengan
menggunakan cluster sampling. Sampel penelitian berjumlah 30 orang (kelompok
eksperimen) dan 30 orang (kelompok kontrol). Instrumen penelitian berupa tes
kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai
rata-rata posttest kelompok eksperimen sebesar 73,50 dan kelompok kontrol
sebesar 58,10. Dari Hasil Uji-t, diperoleh t-hitung sebesar 4,55, sedangkan t-tabel
dengan tingkat signifikasi 5% dan derajat kebebasan (dk) = 58 sebesar 1,68 (t-hitung
> t-tabel), maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir
kreatif siswa.
s59 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain