SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF
TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION)
TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA
PADA KONSEP TEKANAN
(Kuasi Eksperimen di MTs Al-Khairiyah Jakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe
STAD terhadap hasil belajar fisika siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Al-
Khairiyah Jakarta pada bulan Mei 2011. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi
eksperimen dan teknik pengambilan sampel dengan cluster random sampling yang
terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas
eksperimen diberikan perlakuan model pembelajaran kooperatif dan kelas kontrol
diberikan perlakuan model pembelajaran konvesional. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes pilihan ganda dengan empat alternatif pilihan jawaban.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa rata-rata hasil belajar posttest (80,19)
kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar posttest (67,81) kelas
kontrol. Uji statistik dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh thitung sebesar 5,81 dan ttabel
sebesar 2,00, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar fisika
siswa.
s61 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain