SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI
CAHAYA
(Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 10 Tangerang Selatan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning
Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 10 Tangerang Selatan pada tahun pelajaran
2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi ekperimen dengan
desain nonequevalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan
mengunakan teknik purpossive sampling dan random sampling. Siswa kelas
VIII.3 sebagai kelompok eksperimen yang mengunakan model pembelajaran
Learning Cycle 5E, dan siswa kelas VIII.5 sebagai kelompok kontrol yang
mengunakan mengunakan model pembelajaran konvensional (model direct
instruction). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu terdiri dari instrumen tes
untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa soal uraian dan instrument nontes
yaitu kuisoner mengenai model pembelajaran Learning Cycle 5E dan catatan
lapangan. Data instrumen tes dianalisis mengunakan analisis statistik yaitu uji-t.
Berdasarkan hasil perhitungan mengunakan uji-t pada taraf signifikasi (α)= 0,05
didapatkan thitung > ttabel yaitu 2,35> 2,00, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan disimpulkan terdapat
pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa
pada materi cahaya.
s64 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain