Telepon: 021-7401925 Ext. 1714

Perpustakaan FITK

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA (Kuasi Eksperimen di SMP Negeri 10 Tangerang Selatan)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning
Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Negeri 10 Tangerang Selatan pada tahun pelajaran
2011/2012. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi ekperimen dengan
desain nonequevalent control group design. Pengambilan sampel dilakukan
mengunakan teknik purpossive sampling dan random sampling. Siswa kelas
VIII.3 sebagai kelompok eksperimen yang mengunakan model pembelajaran
Learning Cycle 5E, dan siswa kelas VIII.5 sebagai kelompok kontrol yang
mengunakan mengunakan model pembelajaran konvensional (model direct
instruction). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu terdiri dari instrumen tes
untuk mengetahui hasil belajar siswa berupa soal uraian dan instrument nontes
yaitu kuisoner mengenai model pembelajaran Learning Cycle 5E dan catatan
lapangan. Data instrumen tes dianalisis mengunakan analisis statistik yaitu uji-t.
Berdasarkan hasil perhitungan mengunakan uji-t pada taraf signifikasi (α)= 0,05
didapatkan thitung > ttabel yaitu 2,35> 2,00, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan
hipotesis alternatif (Ha) diterima. Maka dapat disimpulkan disimpulkan terdapat
pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa
pada materi cahaya.
Ketersediaan
s64Perpustakaan FITK PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

FISIKA 530

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


E-Jurnal Link

E-Library Link