SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS
TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
PADA KONSEP SUHU DAN KALOR
(Penelitian Quasi Eksperimen di SMAN 10 Tangerang)
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan keterampilan
proses sains terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan di
SMAN 10 Tangerang tahun ajaran 2010/2011. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode pre-eksperimental dengan desain penelitian pretest
and posttest one group design. Sampel penelitian ini adalah 36 siswa yang
diperoleh dengan teknik cluster random sampling pada siswa kelas X.
Pengumpulan data dilakukan setelah diberi perlakuan yang diperoleh dari nilai tes
keterampilan proses sains dan penilaian kinerja pada konsep suhu dan kalor. Tes
yang diberikan terdiri dari 10 soal bentuk pilihan ganda beralasan, dengan
koefisien reliabilitas 0,77. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pendekatam
keterampilan proses sains berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan
proses sains siswa.