SKRIPSI PENGARUH PENUGASAN DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA KONSEP HUKUM NEWTON TENTANG GERAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penugasan digital terhadap
hasil belajar siswa SMA pada konsep hukum Newton tentang gerak, mengetahui
peningkatan hasil belajar siswa pada aspek kognitif (C1-C4), dan mengetahui
respon siswa terhadap pembelajaran fisika yang menggunakan penugasan digital.
Penelitian dilaksanakan di SMAN 10 Kota Tanggerang Selatan, pada semester
ganjil bulan November 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi
eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel diambil
berdasarkan teknik purposive sampling pada dua kelas yaitu: kelas X6 sebagai
kelas eksperimen dan kelas X7 sebagai kelas kontrol. Kesimpulan dari penelitian
ini adalah penugasan digital berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMA pada
konsep hukum Newton tentang Gerak. Nilai rata-rata posttest pada kelas
eksperimen lebih tinggi 16, 98 dari kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar (NGain)
kelas eksperimen lebih tinggi 0,33 dari kelas kontrol. Peningkatan pada
kelas eksperimen berada dalam kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol
berada dalam kategori rendah. Pembelajaran menggunakan penugasan digital
unggul dalam meningkatkan semua jenjang kognitif (C1-C4) dengan kategori
sedang, namun peningkatan tertinggi terdapat pada jenjang C3 (menerapkan)
sebesar 0,63. Respon siswa terhadap penggunaan penugasan digital dalam proses
pembelajaran fisika pada konsep hukum Newton tentang gerak berada dalam
kategori baik dengan persentase sebesar 79%.
s65 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain