SKRIPSI PENGARUH MEDIA SIMULASI KOMPUTER
TERHADAP MISKONSEPSI SISWA SMA KELAS X
PADA KONSEP FLUIDA STATIS
(Kuasi Eksperimen di SMA Negeri 2 Tangerang)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media simulasi komputer
terhadap miskonsepsi siswa kelas X pada konsep fluida statis. Penelitian ini
dilakukan di SMAN 2 Kota Tangerang pada kelas X MIA 2 sebagai kelas
eksperimen dan kelas MIA 1 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan
Februari 2016. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan
menggunakan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel
dilakukan dengan tehnik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah
tes objektif pilihan ganda dan nontes berupa angket. Data hasil instrumen tes dan
nontes dianalisis secara kuantitatif. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan
menggunakan perhitungan uji t didapatkan asymp sig.(2-tailed) sebesar 0,02 dan
nilai probabilitas sebesar 0,05, terlihat bahwa nilai asymp sig(2-tailed) lebih kecil
dibandingkan nilai probabilitas. Artinya terdapat pengaruh media simulasi
komputer terhadap miskonsepsi siswa pada konsep fluida statis. Rata-rata jumlah
miskonsepsi siswa yang menggunakan media simulasi komputer lebih rendah
dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan media powerpoint.
Miskonsepsi siswa kelas eksperimen lebih rendah pada jenjang kognitif C2, C3,
dan C4. Pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis komputer
model simulasi memiliki daya dukung terhadap proses pembelajaran pada
kategori baik sekali dengan persentase sebesar 80,4% dari siswa dan sebesar
82,3% dengan kategori baik dari para Ahli media.
s60 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain