SKRIPSI ANALISIS PERTANYAAN BUKU TEKS FISIKA
YANG DIGUNAKAN DI KOTA TANGERANG SELATAN
BERDASARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
PADA KONSEP DINAMIKA PARTIKEL
Studi deskriptif tentang analisis pertanyaan dilakukan untuk mengetahui
pertanyaan yang dikembangkan dalam buku teks mata pelajaran Fisika
berdasarkan kemampuan berpikir kritis. Analisis pertanyaan ini dilakukan pada
buku teks mata pelajaran Fisika SMA kurikulum KTSP yang banyak digunakan
oleh siswa kelas X di kota Tangerang Selatan menurut hasil survei. Konsep
dinamika partikel dipilih sebagai materi yang dianggap sulit oleh siswa di kelas X
berdasarkan hasil survei yang sarat dengan pertanyaan hitung-hitungan yang
penyelesaianya memerlukan kemampuan yang dipengaruhi oleh kemampuan
berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukan bahwa pertanyaan yang
dikembangkan pada buku teks mata pelajaran Fisika yang dianalisis tidak ada
perbedaan, semuanya belum mengembangkan secara merata pertanyaan berpikir
kritis. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis yang diperoleh bahwa
pertanyaan yang dikembangkan pada buku yang dianalisis terdiri dari 18,5%
pertanyaan memberikan penjelasan sederhana, 79,6% pertanyaan membangun
keterampilan dasar, 0% pertanyaan menyimpulkan, 0% pertanyaan memberikan
penjelasan langsung, 1,9% membangun strategi dan taktik.
s73 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain