Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan virtual experiment terhadap pemahaman siswa pada konsep listrik dinamis. Penelitian ini dilakukan di SMA N 8 Tangerang Selatan pada kelas X.1 sebagai kelas kontrol dan X.5 sebagai kelas eksperimen. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sebanyak lima kali pertemuan. Penelitian ini dimulai sejak 4 Maret hingga 5 April 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group dan teknik pengambilan sampel purposive sample. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 25 butir soal. Data hasil tes dianalisis dengan uji analisis statistik hasil akhir (posttest). Berdasarkan analisis data hasil penelitian, diperoleh nilai thitung > ttabel dengan taraf signifikansi 5% atau α = 0,05 . Dengan demikian hipotesis nol ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan virtual experiment terhadap pemahaman siswa pada konsep listrik dinamis.