SKRIPSI PENERAPAN MODEL GUIDED INQUIRY TERHADAP HASIL
BELAJAR FISIKA SISWA SMP PADA KONSEP TEKANAN.
(Kuasi Eksperimen di SMP Paramarta Unggulan – Tangerang Selatan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar fisika siswa SMP
dengan menggunakan model guided inquiry pada materi tekanan. Penelitian ini
dilaksanakan di SMP Paramarta Unggulan – Tangerang Selatan pada tahun
pelajaran 2013/2014. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen.
Siswa kelas VIII-U1 sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan model
pembelajaran guided inquiry dan siswa kelas VIII-U4 sebagai kelompok kontrol
yang menggunakan model pembelajaran konvensional (model direct instruction).
Instrumen penelitian yang digunakan yaitu terdiri dari instrumen tes dalam bentuk
uraian untuk mengetahui penguasaan hasil belajar fisika siswa. Data instrumen tes
dianalisis menggunakan analisis statistik yaitu uji-t. Berdasarkan hasil
perhitungan menggunakan uji-t pada taraf signifikasi (α) = 0,05 didapatkan thitung ≥
ttabel yaitu 4,333 ≥ 2,01, sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif
(Ha) diterima, hal tersebut terlihat dari nilai posttest kelompok eksperimen 88,00.
Maka dapat disimpulkan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa
dengan menggunakan model pembelajaran guided inquiry pada konsep tekanan.
s70 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain