SKRIPSI PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA KONSEP ELASTISITAS
(Kuasi Eksperimen di MAN 13 Jakarta)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model learning cycle 7E
terhadap hasil belajar siswa pada konsep elastisitas. Penelitian ini dilakukan di MAN 13
Jakarta pada tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode
eksperimen semu dengan nonequivalent control group design. Pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling, siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas
eksperimen yang menggunakan model learning cycle 7E dan siswa kelas X MIA 1
sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional yang masingmasing
berjumlah 28 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
berupa instrumen tes berupa pilihan ganda dan nontes berupa angket. Instrumen tes
digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, dan instrumen nontes digunakan untuk
mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model learning
cycle 7E. Data instrumen tes dianalisis menggunakan uji statistik uji-t, sedangkan data
instrumen nontes dianalisis menggunakan analisis secara kualitatif dan dikonversi ke
dalam bentuk kuantitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil bahwa terdapat
pengaruh model learning cycle 7E terhadap hasil belajar siswa pada konsep elastisitas.
Hasil uji hipotesis dengan N= 28 terhadap data posttest menunjukkan nilai thitung = 2,4
dan nilai ttabel = 2,00. Nilai thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak. Rata-rata hasil belajar
siswa yang menggunakan model learning cycle 7E lebih tinggi dibandingkan rata-rata
hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil belajar siswa
kelas eksperimen lebih unggul pada jenjang kognitif C1, C2, C3 dan C4. Pembelajaran
menggunakan model learning cycle 7E ini memiliki daya dukung terhadap proses
pembelajaran pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 84%.
S66 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain