SKRIPSI PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN
FISIKA GELOMBANG ELEKTROMAGNETIK BERNUANSA
NILAI RELIGIUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
(Studi Kasus di MAN Sukamanah Tasikmalaya)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan
modul pembelajaran fisika bernuansa nilai religius terhadap hasil belajar siswa
pada konsep gelombang elektromagnetik. Penelitian ini dilakukan di MAN
Sukamanah Tasikmalaya pada bulan Mei 2013. Metode penelitian yang
digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent
Control Group Design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling,
dengan sampel berjumlah 30 orang pada kelompok eksperimen dan 30 orang pada
kelass kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes objektif pilihan
ganda 25 soal dengan lima alternatif jawaban. Data hasil tes dianalisis dengan uji
normalitas dan uji homogenitas sebagai uji prasyarat analisis, kemudian
dilanjutkan dengan pengujian hipotesis. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai
thitung sebesar 2,23 sedangkan ttabel sebesar 2,00 pada taraf signifikansi 0,05.
Berdasarkan perolehan nilai tersebut, tampak bahwa nilai thitung>ttabel atau 2,23>
2,00. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima atau dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh penggunaan modul pembelajaran fisika bernuansa nilai religius
terhadap hasil belajar siswa pada konsep gelombang elektromagnetik.
s74 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain