Telepon: 021-7401925 Ext. 1714

Perpustakaan FITK

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

SKRIPSI PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA (Quasi Eksperimen di MTs. Sa’adatul Mahabbah Pamulang)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui metode eksperimen
terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs. Sa’adatul Mahabbah
Pamulang Kota Tangerang Selatan pada bulan April 2010. Metode penelitian yang
digunakan adalah metode Quasi Eksperimen. Pada penelitian ini sampel diambil
sebanyak 60 orang dengan menggunakan tehnik Purposive Sampling dan dibagi
menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes objektif bentuk pilihan ganda.
Tes ini terdiri dari empat pilihan (opsi) dan hasilnya diuji melalui satatistik uji “t”.
Dari hasil perhitungan diperoleh nilai thitung sebesar 3,273 sedangkan ttabel sebesar
1,983 pada taraf signifikansi 0,05 atau dapat diketahui thitung > ttabel. Maka dapat
disimpulkan bahwa Ha yang menyatakan terdapat pengaruh pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui metode eksperimen terhadap
hasil belajar siswa diterima atau disetujui. Hal ini menunjukan bahwa pendekatan
Contextual Teaching and Learning (CTL) melalui metode eksperimen membawa
pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar fisika.
Ketersediaan
s76Perpustakaan FITK PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

FISIKA 530

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


E-Jurnal Link

E-Library Link