Skripsi Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantuan Augemented Reality Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Fluida Statis
(Kuasi Eksperimen di SMAN 6 Tangerang Selatan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lembar kerja siswa berbantuan augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada konsep fluida statis. Penelitian ini dilakukan mulai April-Mei 2016 di kelas X MIA 3 dan X MIA 4 SMAN 6 Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan, yaitu kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan, yaitu instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan non tes berupa angket. Data hasil instrumen tes dan nontes dianalisis secara kuantitatif, namun hasil data non tes dikonversi ke dalam bentuk kualitatif. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil terdapat pengaruh LKS berbantuan augmented reality terhadap hasil belajar siswa pada konsep fluida statis. Hasil uji hipotesis terhadap hasil data posttest menunjukan nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,019 sedangkan taraf signifikansi sebesar 0,05. Nilai Sig (2-tailed) < 0,05, sehingga Ho ditolak dan H1 diterima. Rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan LKS berbantuan augmented reality lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan LKS konvensional. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen unggul pada jenjang kognitif C2 (memahami) sebesar 0,67 dan C3 (menerapkan) sebesar 0,57. Respon siswa terhadap penggunaan LKS berbantuan augmented reality dalam proses pembelajaran fisika pada konsep fluida statis berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 79,5%.
s69 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain