Skripsi Hubungan Antara Hasil Belajar Dengan
Kepercayaan Diri Menggunakan Pembelajaran
Inkuiri Terbimbing Pada Konsep Hukum Newton
Tentang Gerak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara hasil belajar dengan
kepercayaan diri menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing pada konsep
hukum Newton tentang gerak. Penelitian dilaksanakan di MA Pembangunan UIN
Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis korelasi.
Penentuan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik purposive sampling
yaitu kelas X D sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas X C sebagai kelas
eksperimen 2. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes objektif
pilihan ganda dan nontes berupa angket. Data penelitian dianalisis secara
kuantitatif. Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan antara hasil belajar
dengan kepercayaan diri menggunakan pembelajaran inkuiri pada konsep hukum
Newton tentang gerak. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji korelasi dan uji
signifikansi didapatkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,448 dan nilai
Signifikansi sebesar 0.000, dimana nilai signifikansi 0,000 < 0.05 yang berarti H0
ditolak. Peningkatan tertinggi kepercayaan diri terdapat pada aspek kepercayaan
diri dalam menggunakan konsep fisika dan keterampilan-keterampilan fisika
dalam kegiatan sehari-hari dengan nilai N-gain sebesar 0,52 (sedang) untuk kelas
eksperimen 1 dan 0,19 (rendah) untuk kelas eksperimen 2. Peningkatan terendah
kepercayaan diri terdapat pada aspek kepercayaan diri dalam mengaitkan konsepkonsep
fisika dengan konsep-konsep fisika/sains lainnya dan menggunakan
pendekatan ilmiah untuk memecahkan masalah dengan nilai N-gain 0.42 (sedang)
untuk kelas eksperimen 1 dan 0,13 (rendah) untuk kelas eksperimen 2.
s75 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain