Telepon: 021-7401925 Ext. 1714

Perpustakaan FITK

UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

SKRIPSI PENGARUH ALAT PERAGA SEDERHANA SIX IN ONE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP FLUIDA STATIS (Kuasi Eksperimen di SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan)

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh alat peraga six in one
terhadap hasil belajar siswa pada konsep fluida statis. Penelitian ini dilakukan di
kelas XI IPA 3 dan kelas XI IPA 2 SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan pada
konsep fluida statis. Penelitian berlangsung pada bulan Maret 2014. Metode
penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control
group design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang
digunakan adalah instumen tes berupa tes objektif pilihan ganda dan instrumen
non tes berupa angket. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh hasil bahwa
terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan alat peraga six in one terhadap
hasil belajar siswa pada konsep fluida statis. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji
hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap data posttest, dimana thitung > ttabel.
Selain itu, nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan alat peraga six in
one lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar siswa tanpa
menggunakan alat peraga six in one. Hasil belajar siswa kelompok eksperimen
juga lebih unggul pada ranah kognitif tingkatan C1 (mengingat), C2 (memahami),
C3 (menerapkan) dan C4 (menganlisis).
Selanjutnya, berdasarkan analisis data nontes, dapat disimpulkan bahwa secara
keseluruhan penerapan alat peraga six in one dalam pembelajaran fisika konsep
fluida statis memperoleh respon baik sekali.
Ketersediaan
s52Perpustakaan FITK PusatTersedia
Informasi Detil
Judul Seri

-

No. Panggil

-

Penerbit

: .,

Deskripsi Fisik

-

Bahasa

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Klasifikasi

NONE

Informasi Detil
Tipe Isi

-

Tipe Media

-

Tipe Pembawa

-

Edisi

-

Subyek

FISIKA 530

Info Detil Spesifik

-

Pernyataan Tanggungjawab
Tidak tersedia versi lain

Share :


E-Jurnal Link

E-Library Link