SKRIPSI PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL
BELAJAR FISIKA SISWA PADA KONSEP TEKANAN
(Kuasi Eksperimen di SMP Darul Mukhlishin Cengkareng)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen
terhadap hasil belajar fisika siswa pada konsep tekanan. Penelitian ini dilakukan
di kelas VIII-1 dan VIII-2 SMP Darul Mukhlishin Cengkareng. Metode yang
digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian pretest-posttest
control group design. Penentuan sampel ini berdasarkan teknik purposive sample.
Sampel penelitian berjumlah 50 siswa, dengan 25 siswa untuk kelas eksperimen
dan 25 siswa untuk kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes
berupa soal-soal pilihan ganda. Data hasil instrumen tes dianalisis secara
kuantitatif. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar
siswa kelas eksperimen adalah 74,24 dan kelas kontrol adalah 69,28. Hal tersebut
didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap data
posttest dengan n = 25 dan α=5%. Hasilnya adalah nilai thitung = 2,80 sedangkan
ttabel = 2,20. Terlihat bahwa thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar fisika siswa pada
konsep tekanan.
s49 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain