SKRIPSI IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MENGGUNAKAN
TES DIAGNOSTIK THREE-TIER PADA HUKUM
NEWTON DAN PENERAPANNYA
(Penelitian Deskriptif di kelas XI SMAN 2 Karawang)
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi pada hukum
Newton dan penerapannya berdasarkan hasil tes siswa kelas XI SMAN 2 Karawang
dan menunjukkan sub konsep yang mengalami miskonsepsi paling tinggi dan rendah.
Penelitian ini dilaksanakan pada Oktober 2015 − Juli 2016. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua
tahapan yaitu tahap pembuatan instrumen dilaksanakan di SMAN 6 dan 4 Tangerang
Selatan dan tahap pelaksanaan penelitian dilaksanakan di SMAN 2 Karawang.
Instrumen yang digunakan adalah tes diagnostik three-tier. Hasil pembuatan soal
diperoleh 20 soal yang valid dengan validitas 0.64 dan reliabilitas 0.78. Hasil
pembahasan menunjukkan miskonsepsi yang terjadi sebesar 56.13% dengan false
positive sebesar 11.74% dan false negative sebesar 44.66% dan miskonsepsi tertinggi
terjadi pada subkonsep prinsip hukum III Newton dengan persentase sebesar 72.84%
dan yang terendah pada subkonsep hukum II Newton dengan persentase sebesar
7.7%.