SKRIPSI PENGGUNAAN PENILAIAN UNJUK KERJA DALAM
KEGIATAN PRAKTIKUM PADA KONSEP
LISTRIK DINAMIS
(Penelitian Deskriptif di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan)
penelitian ini, antara lain: (1) mengetahui perbedaan hasil penilaian
unjuk kerja dalam kegiatan praktikum dengan hasil penilaian tertulis pada konsep
listrik dinamis, dan (2) mengetahui gambaran proses kegiatan siswa dalam
kegiatan praktikum listrik dinamis. Penelitian ini dilakukan pada kelas XII MIA 5
di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan tahun ajaran 2015/2016, dengan jumlah
siswa sebanyak 32 orang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah
metode penelitian deskriptif analitik. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah instrumen penilaian unjuk kerja dan instrumen tes pilihan ganda yang
terdiri atas pretest serta posttest. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya
hubungan positif antara hasil penilaian unjuk kerja dalam kegiatan praktikum
dengan hasil penilaian tertulis pada konsep listrik dinamis sebesar 40,8% yang
mengakibatkan peningkatan hasil penilaian tertulis setelah proses pembelajaran
melalui kegiatan praktikum yang dilengkapi dengan penilaian unjuk kerja. Selain
itu, kemampuan siswa dalam kegiatan praktikum pada konsep listrik dinamis
menunjukkan hasil yang memuaskan. Secara umum, siswa melakukan kegiatan
praktikum listrik dinamis dengan sangat baik pada setiap percobaan dengan nilai
rata-rata 82. Selain itu, terdapat 23 siswa yang termasuk dalam kategori sangat
baik dan 9 siswa yang termasuk dalam kategori baik.
s50 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain