SKRIPSI PENGARUH METODE EKSPERIMEN BERORIENTASI
PENILAIAN KINERJA TERHADAP KETERAMPILAN
PROSES SAINS PADA KONSEP ROTASI BENDA TEGAR
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode eksperimen
berorientasi penilaian kinerja terhadap keterampilan proses sains siswa pada
konsep rotasi benda tegar. Penelitian dilaksanakan pada bulan Februari 2016 di
SMA Negeri 1 Tangerang Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah
quasi eksperiment dengan desain pretest-posttest group design. Subjek penelitian
adalah kelas XI MIA 5 yang berjumlah 32 orang. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini adalah instrumen tes berupa tes objektif pilihan ganda dan
instrumen nontes berupa rubrik penilaian kinerja. Data hasil instrumen tes
dianalisis secara kuantitatif, sedangkan data hasil instrumen nontes dianalisis
secara kuantitatif, menghasilkan data berupa persentase yang kemudian
dikonversi menjadi data kualitatif. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan
uji Mann-Whitney terhadap data posttest, nilai Sig.(2-tailed) sebesar 0,000,
sedangkan nilai taraf signifikansi sebesar 0,05 atau Sig.(2-tailed) < 0,05. Artinya,
metode eksperimen berorientasi penilaian kinerja terbukti berpengaruh terhadap
keterampilan proses sains siswa. Rata-rata keterampilan proses sains setelah
penggunaan metode eksperimen berorientasi penilaian kinerja (posttest) lebih
tinggi dari rata-rata keterampilan proses sains sebelum penggunaan metode
eksperimen berorientasi penilaian kinerja (pretest). Hasil observasi keterampilan
proses sains menggunakan rubrik penilaian kinerja menunjukkan persentase ratarata
sebesar 77,65 % yang termasuk dalam kategori baik.
s48 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain