SKRIPSI PENGGUNAAN TES KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS)
SISWA DALAM PEMBELAJARAN KONSEP KALOR
DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa yang
berkembang dalam pembelajaran konsep kalor dengan model inkuiri terbimbing.
Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Serang Model tahun ajaran 2015/2016. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa
kelas X.5 MIA yang berjumlah 32 orang sebagai kelas yang menggunakan instrumen
tes keterampilan proses sains pada konsep kalor. Instrumen dalam penelitian ini
menggunakan tes keterampilan proses sains dalam bentuk non-tes berupa lembar
observasi dan tes berupa subjektif (uraian). Tes keterampilan proses sains yang
digunakan dalam penelitian ini meliputi mengajukan pertanyaan, mengamati
(observasi), berhipotesis, merencanakan percobaan, menafsirkan (interpretasi),
dan berkomunikasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek mengamati
(observasi) merupakan aspek tertinggi dengan nilai persentase rata-rata sebesar
87.50%, sedangkan aspek merencanakan percobaan merupakan aspek terendah
dengan nilai persentase rata-rata sebesar 69,44%. Berdasarkan rata-rata
keterampilan proses sains siswa yang terukur berdasarkan lembar observasi
sebesar 79,17% sedangkan rata-rata hasil tes uraian KPS siswa sebesar 77,19.
s47 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain