SKRIPSI PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN
LKS TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA
KONSEP GERAK LURUS
Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle
7Eberbantuan LKS terhadap kemampuan kognitif siswa SMPpada konsep gerak
lurus. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 21 Kota Tangerang Selatan pada
kelas 7.6 sebagai kelas eksperimen dan kelas 7.5 sebagai kelas kontrol. Penelitian
ini dilakukan selama tiga kali pertemuan ditambah pretest dan posttest, dimulai
pada tanggal 28 Maret sampai 7 April 2016. Metode penelitian yang digunakan
adalah kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group dan teknik
pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah
berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 20 butir soal dan instrumen non tes
berupa lembar angket. Data hasil instrumen tes dianalisis secara kuantitatif. Data
hasil instrumen non tes dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan analisis data tes,
diperoleh hasil bahwa penggunaan LKS berbasis learning cycle 7Eberpengaruh
terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep gerak lurus. Hal tersebut
didasarkan pada hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t pada taraf signifikan
5% terhadap data posttest. Hasilnya adalah nilai thitung = 3,58 sedangkan nilai ttabel
= 1,99. Terlihat bahwa thitung> ttabel, hal ini menunjukan bahwa hipotesis nol (H0)
ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima. Selanjutnya berdasarkan analisis
data nontes terhadap LKS berbasis learning cycle 7E berada pada kategori baik
dengan persentase 74%.
s45 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain