SKRIPSI PENGARUH METODE DRILL
BERBANTUAN SOAL DALAM FORMAT ANIMASI
TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA PADA
KONSEP DINAMIKA PARTIKEL
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh metode drill berbantuan
soal dalam format animasi terhadap kemampuan kognitif siswa pada konsep
dinamika partikel. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2016 di SMA
Negeri 1 Karawang. Dalam penelitian ini terdapat dua sampel, yaitu kelas
X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen.
Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan desain
nonequivalent control group dan teknik pengambilan sampel berupa purposive
sampling. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal uraian dan
instrumen nontes berupa angket. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan
menggunakan uji-t terhadap data posttest diperoleh nilai thitung sebesar 2,00 dan
nilai dan nilai ttabel sebesar1.99, terlihat bahwa nilai thitung>ttabel, sehingga
H0 ditolak. Artinya, metode drill berbantuan soal dalam format animasi terbukti
berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa. Rata-rata kemampuan kognitif
siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran dengan
menggunakan metode drill berbantuan soal dalam format animasi secara
signifikan lebih unggul dibanding kelas kontrol.
s44 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain