SKRIPSI PENGGUNAAN LEMBAR KEGIATAN SISWA (LKS)
BERBASIS INKUIRI TERSTRUKTUR UNTUK
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA
KONSEP CAHAYA
(Pra Eksperimen di MTS Serpong)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan LKS berbasis inkuiri
terstruktur terhadap hasil belajar fisika pada konsep cahaya. Penelitian ini
dilakukan di MTs Serpong pada kelas VIII-1. Penelitian ini dilakukan selama 3
kali pertemuan ditambah pretest dan posttest, dimulai pada tanggal 22 Oktober
sampai 12 November tahun 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif evaluatif pendekatan eksploratif dengan desain penelitian One Group
pretest posttest design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling.
Instrumen yang digunakan berupa test objektif pilihan ganda sebanyak 25 butir
soal digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hasil
analisis menggunakan uji N-gain terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebesar
0,6266 berada pada kategori sedang dan 76,48% siswa mendapatkan nilai lebih
dari KKM yang di tentukan sekolah (≥70). LKS berbasis inkuiri terstruktur telah
melalui uji validitas isi oleh pembimbing I, II, dan konsultan ahli yang
menyatakan LKS berbasis inkuiri terstruktur memenuhi syarat penyusunan LKS
yaitu didaktik, konstruksi, dan teknis. Instrument non test menggunakan lembar
observasi meliputi lembar aktivitas siswa selama pembelajaran mencapai
persentase rata-rata sebesar 85,17%, lembar kemampuan guru mengelola
pembelajaran mencapai persentase rata-rata sebesar 95,83% keduanya berada
pada kategori tinggi yaitu baik sekali. Respon positif siswa terhadap mata
pelajaran fisika sebesar 73,52% dan persentase respon 8 guru terhadap LKS
berbasis inkuiri terstruktur berdasarkan syarat pembuatan LKS mencapai 84,83%
berada pada kategori baik sekali
s43 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain