SKRIPSI PENGARUH MODUL DIGITAL INTERAKTIF TERHADAP
HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA KONSEP SUHU DAN
KALOR
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul digital interaktif
terhadap hasil belajar siswa pada konsep suhu dan kalor. Penelitian ini dilakukan
di kelas X-1 dan X-3 SMAN 10 Tangerang Selatan. Penelitian ini berlangsung
pada Maret 2014. Metode penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan
desain nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel
purpossive sampling. Instrumen yang digunakan adalah intrumen tes berupa
pilihan ganda dan instrumen non tes berupa angket. Data hasil instrumen tes dan
nontes dianalisis secara kuantitatif, namun hasil data nontes dikonversi ke dalam
bentuk kualitatif. Berdasarkan analisis data tes, diperoleh hasil bahwa terdapat
pengaruh yang signifikan penggunaan modul digital interaktif terhadap hasil
belajar fisika siswa pada konsep suhu dan kalor. Hal tersebut didasarkan pada
hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap data posttest. Hasilnya
adalah nilai thitung sebesar 2,82 dan nilai ttabel sebesar 1,994. Terlihat bahwa thitung >
ttabel, sehingga Ha ditolak. Selain itu, rata-rata hasil belajar siswa yang
menggunakan modul digital interaktif lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil
belajar siswa yang menggunakan buku paket. Hasil belajar siswa kelas
eksperimen juga lebih unggul pada ranah kognitif tingkatan C1 (mengingat), C2
(memahami), C3 (menerapkan), dan C4 (menganalisis). Selanjutnya, berdasarkan
analisis data nontes dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan penerapan
modul digital interaktif dalam pembelajaran fisika konsep suhu dan kalor
memperoleh respon positif siswa.
s42 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain