SKRIPSI ANALISIS LEMBAR KEGIATAN SISWA
BERBASIS PENDEKATAN KONTRUKTIVISME
PADA KEMAMPUAN RANAH KOGNITIF SISWA
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis lembar kegiatan siswa berbasis
pendekatan konstruktivisme pada kemampuan ranah kognitif siswa. Penelitian ini
dilakukan di SMP Negeri 2 Tangerang Selatan pada kelas VII-10. Penelitian ini
dilakukan pada 43 siswa selama empat kali pertemuan ditambah pretest dan posttest,
dimulai tanggal 4 April sampai 9 Mei 2013. Metode penelitian yanag digunakan
adalah deskriptif evaluatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive
sample. Intrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda sebanyak 25 butir
soal. Hasil analisis berdasarkan indikator analisis menurut Mulyasa melalui
perhitungan menurut Piet A Sahertian, yaitu (1) indikator input yaitu melalui
validitas isi pembimbing I, II, dan konsultan ahli menyatakan LKS berbasis
pendekatan konstruktivisme memenuhi syarat dan kualitas LKS. (2) indikator
process; (a)aktivitas siswa selama pembelajaran mencapai persentase rata-rata
sebesar 85,40%, (b) kemampuan guru mengelola pembelajaran mencapai persentase
rata-rata sebesar 97,22% sehingga keduanya berada pada kategori tinggi yaitu baik
sekali. (3) indikator output; (a) kemampuan siswa mengkonstruksikan konsep
melalui tahapan pendekatan konstruktivisme; asimilasi 74,06% kategori baik,
akomodasi 94,17% kategori baik sekali, ekuilibrium 91,66% kategori baik sekali, (b)
peningkatan hasil belajar siswa menggunakan N-gain normalisasi sebesar 0,488
berada pada kategori sedang, dan 79,07% siswa mendapatkan nilai lebih dari KKM
yang ditentukan sekolah (≥65). (4) indikator output; (a) rata- rata persentase respon
positif siswa terhadap mata pelajaran fisika lebih dari 75% (77,32% > 75%), sehingga
berada pada kategori baik, (b) persentase respon 8 guru terhadap LKS berbasis
pendekatan konstruktivisme berdasarkan syarat pembuatan LKS 86,25% dan
berdasarkan kualitas LKS sebesar 85,25%, sehingga berada pada kategori tinggi yaitu
baik sekali.
s41 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain