SKRIPSI HUBUNGAN PENILAIAN KETERAMPILAN GENERIK
SAINS DALAM KEGIATAN LABORATORIUM TERHADAP
HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP FLUIDA STATIS
Penelitian ini bertujuan mengetahui: hubungan antara hasil penilaian keterampilan
generik sains (KGS)
dalam kegiatan percobaan laboratorium terhadap hasil belajar
siswa pada konsep fluida statis, aspek KGS yang mengalami peningkatan dan
tidak mengalami peningkatan dengan menggunakan instrumen penilaian KGS
dalam kegiatan laboratorium pada konsep fluida sta
tis. Penelitian dilakukan di
MAN Cikarang Kabupaten Bekasi. Penelitian menggunakan teknik korelasional
dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 yang
berjumlah 38 orang sebagai kelas yang menggunakan instrumen penilaian
ketera
mpilan generik sains pada konsep fluida statis. Hasil analisis data
menunjukkan bahwa perhitungan nilai korelasi antara hasil penilaian KGS dan
penilaian hasil belajar menunjukkan nilai korelasi 0,35. Sehingga dapat
disimpulkan hasil keterampilan generik s
ains memiliki hubungan yang lemah
dengan hasil belajar siswa. Aspek keterampilan generik sains yang mengalami
peningkatan dalam kegiatan pembelajaran laboratorium pada konsep fluida statis
adalah aspek pengamatan, kesadaran tentang skala, bahasa simbolik,
hubungan
sebab akibat dan pemodelan matematis. Aspek keterampilan generik sains yang
tidak mengalami peningkatan dalam kegiatan pembelajaran laboratorium pada
konsep fluida statis adalah aspek kerangka logika taat asas, inferensi logika dan
pembangunan kon
sep.
s40 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain