SKRIPSI PENGARUH GAME DIGITAL RESCUE ROBOTICS
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA KONSEP FLUIDA DINAMIS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh game digital Rescue Robotics
terhadap hasil belajar siswa dan mengetahui respon siswa terhadap penggunaan
game digital Rescue Robotics pada konsep fluida dinamis. Penelitian ini
dilakukan di SMA Negeri 4 Tangerang Selatan pada kelas XI IPA 5 sebagai kelas
eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang
digunakan, yaitu kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group
design dan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang
digunakan, yaitu instrumen tes berupa tes objektif tipe pilihan ganda dan
instrumen non tes berupa angket. Berdasarkan analisis data tes, dapat disimpulkan
bahwa terdapat pengaruh game digital Rescue Robotics terhadap hasil belajar
siswa pada konsep fluida dinamis. Kesimpulan tersebut berdasarkan pada hasil uji
hipotesis dengan menggunakan uji t terhadap data posttest. Hasil yang diperoleh,
yaitu nilai thitung sebesar 8,44 dan nilai ttabel sebesar 2,00, atau nilai thitung > ttabel.
Selain itu, hasil belajar siswa kelas eksperimen yang menggunakan game digital
Rescue Robotics unggul pada semua ranah kognitif yang diteliti, yaitu C1
(mengingat), C2 (memahami), C3 (menerapkan) dan C4 (menganalisis).
Kesimpulan dari analisis data nontes, yaitu secara keseluruhan penggunaan game
digital Rescue Robotics dalam pembelajaran fisika pada konsep fluida dinamis
memperoleh respon pada kategori baik sekali dengan persentase 81,10%.
s87 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain