SKRIPSI PENGGUNAAN BAHAN AJAR BERBASIS PENDEKATAN
KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN
PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK PESERTA DIDIK
PADA MATERI ALJABAR
Di MTsN Tangerang II Pamulang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : mengetahui dan mengidentifikasi
kemampuan pemecahan masalah matematik, aktivitas, serta tanggapan peserta
didik setelah dilakukan pembelajaran dengan menggunakan bahan ajar berbasis
pendekatan kontekstual. Penelitian dilakukan di MTsN Tangerang II Pamulang
pada tahun ajaran 2013/2014 dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Instrumen penelitian berupa bahan ajar, tes kemampuan pemecahan
masalah, lembar observasi aktivitas peserta didik, jurnal harian siswa, pedoman
wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis
pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah
matematik. Pada siklus I rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik
sebesar 62,76 meningkat menjadi 70,98 pada siklus II. Selain kemampuan
pemecahan masalah, aktivitas belajar pada siklus I tergolong aktif dengan
presentase sebesar 59,92% meningkat pada siklus II menjadi 73,28% dan
tergolong aktif . Berdasarkan analisis terhadap jurnal harian, persentase
tanggapan positif yang diberikan peserta didik pada siklus I sebesar 66,38% dan
dapat dikategorikan pada kategori baik , meningkat menjadi 77,62% pada siklus
II dan dapat dikategorikan pada kategori baik.
S11 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain