SKRIPSI IDENTIFIKASI PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA SMA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TWO-TIER TEST PADA MATA PELAJARAN FISIKA
Penelitian ini berujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa SMA kelas XI pada materi gaya gravitasi, usaha dan energi dengan menggunakan instrumen two tier test. Instrumen tes yang digunakan berdasakan aspek dan sub aspek kemampuan berpikir tingkat tinggi pada taksonomi kognitif Bloom. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif. Tahapan Penelitian ini terdiri dari 3 tahapan yaitu: (1) Pendahuluan; (2) Pembuatan Instrumen; dan (3) Uji Coba dan Analisis. Instrumen tes terdiri dari 32 soal yang telah dilakukan penilaian oleh ahli fisika,ahli pendidikan fisika dan praktisi. Penelitian ini dilakukan di 5 sekolah di Kota Tangerang Selatan yaitu SMAN 1, SMAN 3, SMAN 5, SMAN 7 dan SMAN 10. Instrumen yang digunakan valid dengan nilai korelasi 0.71, reliabilitas 0.83 indeks kesukaran item mulai 0.1 sampai 0.6. Hasil tes kemampuan berpikir tinggi siswa pada satu sekolah pada kategori tinggi yaitu SMAN 3, tiga sekolah pada kategori sedang yaitu SMAN 1, SMAN 5 dan SMAN 10 sedangkan satu sekolah pada ketegori rendah yaitu SMAN 7 dan kemampuan siswa dalam menjawab soal aspek menganalisis lebih tinggi dibandingkan aspek menilai.
S12 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain