SKRIPSI PENGARUH MODEL LEARNING START WITH A QUESTIONS (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Start with a Questions (LSQ) terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep momentum dan impuls. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan. Kelas eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 3 dan kelas kontrol adalah kelas XI IPA 1. Penentuan sampel dalam penelitian ini berdasarkan teknik purposive sampling. Penelitian ini berlangsung pada bulan Februari 2016. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes berupa tes objektif pilihan ganda dan instrumen nontes berupa angket respon siswa dan lembar observasi kegiatan siswa. Data hasil instrumen tes dan nontes dianalisis secara kuantitatif. Data hasil instrumen nontes menghasilkan data berupa persentase yang kemudian dikonversi menjadi data kualitatif. Berdasarkan analisis data tes, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model LSQ terhadap hasil belajar siswa pada konsep momentum dan impuls. Hal tersebut didasarkan pada hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney terhadap data posttest. Nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.00, sedangkan nilai taraf signifikansi sebesar 0,05 atau Sig. (2-tailed) < 0,05. Pembelajaran menggunakan model LSQ unggul pada jenjang kognitif C1, C2, C3, dan C4. Respon siswa terhadap pembelajaran menggunakan model LSQ berada pada kategori baik, dan hasil observasi kegiatan siswa selama pembelajaran juga berada pada kategori baik.
Kata
s14 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain