SKRIPSI PENGARUH PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP
FLUIDA DINAMIS
(Eksperimen Kuasi di SMK Mulia Buana)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbantuan
komputer terhadap hasil belajar siswa pada konsep fluida dinamis. Penelitian ini
dilakukan di SMK Mulia Buana, Parungpanjang kelas XI (sebelas) pada tahun
ajaran 2015/1016. Penelitian berlangsung pada bulan April hingga Mei 2016.
Metode Penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain two
group pretest-posttest dan teknik pengambilan sampel Nonequivalent Control
Group Design yang digunakan adalah instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan
instrument nontes berupa angket. Data hasil instrumen tes dan nontes dialalisis
secara kuantitatif, sedangkan data nontes dikonversi ke dalam bentuk kualitatif.
Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil terdapat pengaruh pembelajaran
berbantuan komputer terhadap hasil belajar siswa pada konsep fluida dinamis.
Hasil uji hipotesis terhadap data posttest menunjukkan nilai thitung = 3,21 dan nilai
ttabel = 2,064, nilai thitung > ttabel sehingga H1 diterima. Nilai rata-rata pembelajaran
berbantuan komputer lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran
konvensional. Hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih unggul pada jenjang
kognitif C2,C3,dan C4.
s15 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain