SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE
QUICK ON THE DRAW TERHADAP HASIL BELAJAR
SISWA SMA PADA KONSEP ALAT-ALAT OPTIK
tipe quick on the draw terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep alat optik.
Penelitian ini dilakukan di SMA Waskito pada bulan Maret sampai dengan Mei 2016.
Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain nonrandomized
control group pretest-posttest design dan teknik pengambilan sampel purposive
sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes berupa uraian dan non tes berupa
lembar angket. Analisis data tes, menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan
model kooperatif tipe quick on the draw terhadap hasil belajar siswa pada konsep alat
optik dengan sampel yang pertama yaitu siswa kelas X3 sebagai kelompok kontrol
dan siswa kelas X4 sebagai siswa kelas eksperimen, masing-masing diberi pretest dan
posttest. Uji hipotesis pretest didapat thitung < ttabel (0,0413 < 2,002), maka Ho diterima
dan Ha ditolak. Uji Hipotesis posttest didapat thitung > ttabel (7,0036 > 2,002), maka Ho
ditolak Ha diterima. Terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe quick on
the draw terhadap hasil belajar siswa SMA pada konep alat optik.
s16 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain