SKRIPSI PENGARUH MODEL HANDS ON ACTIVITIES
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP
HUKUM NEWTON
(Kuasi Eksperimen di SMAN 6 Tangerang Selatan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran hands on
activities terhadap hasil belajar siswa pada konsep hukum Newton dan
mengetahui peningkatan keterampilan generik sains melalui pembelajaran hands
on activities pada konsep hukum Newton. Populasi dalam penelitian seluruh siswa
kelas X MIPA pada semester 2 SMA Negeri 6 Tangerang Selatan. Metode
penelitian yang digunakan kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian
nonequivalent control group design. Pengambilan sampel dengan teknik
purposive sampling terpilih kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas
X MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji N-gain diperoleh hasil
keterampilan generik sains kelompok eksperimen bahasa simbolik 0,47, inferensi
logika 0,29, pemodelan matematik 0,66, hukum sebab akibat 0,30 dan
pengamatan 0,79. Sedangkan n-gain keterampilan generik sains kelompok kontrol
bahasa simbolik 0,26, inferensi logika 0,11, pemodelan matematik 0,89, hukum
sebab akibat 0,14 dan pengamatan 0,25. Analisis data proses kedua kelompok
menggunakan uji-t diperoleh hasil thitung 3,34 dan ttabel pada taraf signifikansi 5%
sebesar 2,045, thitung > ttabel atau 3,34 > 2,045 . Hal ini menunjukkan bahwa model
hands on activities berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
s17 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain