SKRIPSI PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP
HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP DINAMIKA
ROTASI DAN KESETIMBANGAN BENDA TEGAR
(Kuasi Eksperimen di SMA Adzkia Islamic School)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh multimedia
interaktif terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep Dinamika Rotasi dan
Kesetimbangan Benda Tegar. Penelitian ini dilakukan di SMA Adzkia Islamic
School pada bulan April sampai dengan Mei 2016. Penelitian ini menggunakan
metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Pretest-
Posttest Design dan teknik pengambilan sampel purpossive sampling. Instrumen
yang digunakan adalah tes berupa pilihan ganda dan non tes berupa lembar angket
dan observasi. Analisis data tes, menunjukkan terdapat pengaruh multimedia
interaktif terhadap hasil belajar siswa pada konsep Dinamika Rotasi dan
Kesetimbangan Benda Tegar. dengan sampel yang pertama yaitu siswa kelas XI
IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol,
masing-masing diberi pretest dan posttest. Uji hipotesis pretest didapat thitung2,019), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Terdapat pengaruh multimedia
interaktif terhadap hasil belajar siswa SMA pada konsep Dinamika Rotasi dan
Kesetimbangan Benda Tegar.
Kata
s18 | | Perpustakaan FITK Pusat | Tersedia |
Pernyataan Tanggungjawab
-
Tidak tersedia versi lain