SKRIPSI PERBANDINGAN MEDIA KARTU DIGITAL DENGAN
MEDIA POWER POINT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
PADA KONSEP LISTRIK DINAMIS
(Penelitian Kuasi Eksperimen di MA Nur El-Ghazy)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa pada
konsep listrik dinamis dengan menggunakan media kartu digital dan power point.
Penelitian ini dilakukan di kelas X-1 dan X-2 MA Nur El-Ghazy, Tambun
Selatan. Penelitian ini berlangsung pada Mei 2016. Metode penelitian yang
digunakan kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design
dan teknik pengambilan sampel purpossive sampling. Instrumen yang digunakan
adalah intrumen tes berupa pilihan ganda dan instrumen non tes berupa angket.
Data hasil instrumen tes dan nontes dianalisis secara kuantitatif, namun hasil data
nontes dikonversi ke dalam bentuk kualitatif. Berdasarkan analisis data tes,
diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa menggunakan
media kartu digital dengan power point pada konsep listrik dinamis. Hal tersebut
didasarkan pada hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan pada konsep
listrik dinamis sebesar 52,12% (kartu digital) dan 42% (power point). Dengan
demikian penerapan pembelajaran menggunakan media kartu digital (kelas
eksperimen) termasuk dalam kategori tinggi jika dibandingkan dengan penerapan
pembelajaran menggunakan power point (kelas kontrol).